bagi seorang wanita, kecantikan tubuhnya tidak terlepas dari bentuk keindahan jari jemarinya. untuk itu banyak wanita yang merogoh koceknya lebih banyak demi mendapatkan bentuk kuku jari yang indah.

menicure dan pedicure adalah salah satu cara seorang wanita untuk memperindah bentuk kukunya, namun kita juga dapat mempercantik bentuk kuku kita sendiri, dengan merawat bentuk kuku kita tersebut.

berikut ini beberapa tips merawat kuku sendiri:

1. Menggunakan pewarna kuku terus menerus tidak baik karena dapat membuat kuku terlihat kuning dan rapuh. Untuk itu, biasakan untuk tidak menggunakan pewarna kuku sehari dalam seminggu agar kuku Anda dapat beristirahat. Jjangan lupa menghapus semua bekas cat kuku yang tersisa di kuku dengan kapas kecantikan yang dibasahi cairan penghapus cat kuku.berikan perhatian khusus pada sudut-sudut kuku,tempat larik-larik cat kuku biasanya masih tertinggal.

2. Agar kuku menjadi kuat dan tidak gampang patah, gunakanlah belimbing sayur dan gosok-gosokkan di dasar kuku. Dapat juga direndam ke dalam cuka apel dan minyak zaitun yang sudah dihangatkan. atau dengan cara yang sangat mudah  yaitu Rendam tangan dalam panci air sabun hangat yang dibubuhi sedikit garam.

3. Pijatkan krim pelembab ke kutikula(kulit ari di sekeliling tepi kuku),seluruh kuku,hingga sendi pertama jemari tangan. kemudian Dorong atau tekan kutikula dengan cuticle stick.

4. Bersihkan semua kuku satu per satu dengan sikat yang lembut, dan Potong kuku secara rapi sesuai panjang yang diinginkan. Jangan lupa untuk Kikir kuku hingga halus agar tidak mudah sobek dan menyerpih.

5. Gunakan sisi yang kasar dari kikir kuku untuk mengurangi ukuran kuku,dan sisi yang halus untuk membentuk dan menghaluskan ujung-ujung kuku

6. Oleskan hand cream dan pijat sekujur tangan untuk menyingkirkan  sel-sel kulit yang kering atau lepas.Ini akan memperbaiki sirkulasi dan memungkinkan tangan menjadi kencang dan lembut ketika di sentuh.Setelah itu,bungkus tangan dengan handuk lembut yang dibasahi air hangat dan rileks.

Pertumbuhan kuku tangan setiap minggunya sekitar 0,5-1,5 mm yaitu empat kali lebih cepat daripada pertumbuhan kuku kaki. Untuk itu, usahakan agar kuku tangan kita tetap pendek untuk mengeliminir masuknya kuman-kuman atau bibit penyakit berlebihan melalui kuku.

Untuk mencegah kuku dari kekeringan dan terutama khusus buat akhwat atau perempuan pada umumnya, berikanlah krim khusus untuk kuku dan jangan menggunakan penghapus pewarna kuku yang mengandung bahan kimia.