Belajar??? Mengdengar kata yang satu ini tiap kali membuat seseorang merasa jenuh, bosan bahkan memilih bermain dari pada melakukan kegiatan yang satu ini.

Mengapa orang lebih memilih bermain game, HP atau bahkan ke Mall hanya untuk sekedar cuci mata dibandingkan belajar????

Pasti yang ada dibenak anda, belajar itu membosankan, membingungkan dan lain sebagainya, sedangkan kalau dilihat dari manfaatnya, banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari belajar itu sendiri. Untuk itu, ada beberapa Tips yang dapat digunakan agar dapat menarik untuk belajar, sehigga belaar dapat dikatakan sebagai belajar yang efektif, diantaranya:

1. Berdoalah Sebelum Memulai

berdo’alah sebelum kau memulai belajar, agar belajar bisa fokus. ORA ET LABORA yaaa…….

2. Pilih Waktu Belajar yang Tepat

Waktu belajar yang paling pas adalah pada saat badan kita masih terasa segar dan belum terpengaruh dengan suasana yang gemuruh. Walaupun setiap orang memiliki waktu yang berbeda-beda, tapi pagi hari biasanya dipilih sebagai waktu yang tepat. Karena pagi hari konsetrasi masih penuh dan masih fresh. Gunakan saat-saat ini untuk membuka materi-materi baru, sisa  energy yang ada dapat digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan PR.

3. Bangun Suasana Belajar Yang Nyaman

Membangun suasana yang nyaman dapat membuat mood untuk belajar menjadi lebih bagus. Seperti belajar dengan mendengarkan music kesukaan, atau mencari tempat yang sunyi agar konsentrasi terjaga, ada pula yang bosan di perpustakaan bisa keluar ke taman, bagi yang bosan dikamar bisa ke balkon. Intinya buat suasana senyaman mungkin, sehingga tidak ada hal yang membuat konsentrasi terpecah.

4. Buatlah Intisari Dari Setiap Pelajaran

Buatlah rangkuman atau ringkasan dari setiap pelajaran yang anda dapatkan baik di sekolah maupun di tempat privat. hal ini akan lebih efisien mengingat intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang ini akan menjadi Kata-kata kunci yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian.

5.  Disiplin Dalam Belajar

Kedisiplinan memang perlu diterapkan dalam belajar, seperti disiplin waktu dan disiplin dalam berkonsentrasi pada pelajaran. Dengan kebiasaan disiplin akan membuat anda belar dengan efektif.

6. Menjadi Aktif Bertanya dan Ditanya

Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, segeralah bertanya jika ada hal yang belum jelas,  tanyakan kepada guru, teman atau orang tua.jika pertanyaan tersebut belum mendapat jawaban yang maksimal, berusahalah mencari jawaban itu sesuai dengan ide anda sendiri.  Jika kita bertanya biasanya kita akan ingat jawabannya. Dan Jika bertanya, bertanyalah secukupnya dan jangan bersifat menguji orang yang kita Tanya.

7.  Kembangkan Materi Yang Sudah di Pelajari

Dalam melaksanakan belajar, cobalah berlatih sendiri dan minta tolong teman, guru maupun orang tua untuk menjawabnya, jika belum mendapatkan jawaban yang makimal carilah referensi lain atau cari di internet, agar mendapat jawaban yang maksimal. Hal ini akan mengajak kita berfikir lebih kritis.

dan yang harus di pikirkan bahwa belajar  itu menyenangkan…..

selamat mencoba…

sukses selallu 🙂